Wahyu Hargi

http://wahyu-hargi.blogspot.com

2

Google Adsense

jasa pendaftaran Google Adsense

4

Go to Blogger wahyu hargi

Depan kampus

Gunadarma

Tuesday, October 16, 2012

Aplikasi Penerapan Sistem Pakar Dalam Berbagai Bidang

Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang menggabungkan basis pengetahuan (knowledge base) dengan mesin inferensi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa suatu aturan yang diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada bidang keahlian tertentu. Berdasarkan basis pengetahuan yang ada, digunakan mesin inferensi untuk mengenerate solusi terhadap domain permasalahan yang akan dipecahkan.

Aplikasi Sistem Pakar di Bidang Kesehatan
 Pengembangan sebuah sistem pakar dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan membangun sendiri semua komponen di atas, sedangkan cara kedua adalah dengan memakai semua komponen yang sudah ada, kecuali isi basis pengetahuan. Penggunaan cara kedua disebut sebagai membangun sistem pakar dengan shell.
 E2gLite adalah sebuah shell sistem pakar yang dikembangkan oleh Expertise2Go yang berbasis internet dan dilengkapi applet Java. E2gLite memberikan kemudahan dalam hal pembangunan sistem pakar serta pelaksanaan konsultasi oleh pengguna. Basis pengetahuan
            berupa file teks yang berisi fakta dan aturan yang dapat dibuat dengan editor teks dan disimpan sebagai file *.kb, sedangkan pengguna cukup menggunakan browser umum yang memiliki fitur Java seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer. Jika Internet Explorer yang terinstall tidak mempunyai fitur Java, dapat ditambah dengan menginstall Microsoft Virtual Machine Proxy Server. E2gLite dapat didownload dari http://www.Expertise2go.com secara gratis.
 Kelebihan e2gLite terletak pada kemudahan akses dan penggunaannya. Kemudahan akses, karena e2gLite yang berisi applet Java dan basis pengetahuan dapat didownload ke browser pengguna. Kemudahan penggunaan, karena suatu applet Java sangat mudah untuk diikutsertakan didalam sebuah halaman web sebagai objek grafis, dan dapat disisipkan ke
            Dalam sebuah sel dalam tabel HTML untuk memfasilitasi pengaturan halaman secara fleksibel serta integrasi sistem pakar dengan halaman web yang lain. Namun demikian e2gLite juga memiliki kekurangan, antara lain waktu startup yang lama, sehingga lebih cocok untuk sistem pakar berskala kecil dengan basis pengetahuan yang mengandung kurang dari 100 aturan.
Kekurangan kedua, adalah basis pengetahuan yang berupa file teks dapat dibaca oleh siapapun karena bersifat publik atau dapat diakses oleh siapapun. Dengan demikian desain dari basis pengetahuan sistem pakar yang dibuat tidak dapat dijaga kerahasiaannya. Kekurangan lainnya berhubungan dengan kompatibilitas browser. Microsoft telah mengumumkan pemisahan antara JVM (Java Virtual Machine) dari versi Internet Explorer yang diinstall mulai sistem operasi Windows XP. Hal ini akan menyebabkan semua halaman web yang mengandung applet menjadi gagal untuk diakses, kecuali pengguna secara khusus menginstall JVM.
               
                  Aplikasi Sistem Pakar di bidang Manajerial
a)      Analisis
·         Interpretasi
ü  Analisa pasar untuk komoditi tertentu
ü  Identifikasi media iklan yang sesuai
ü  Identifikasi kebutuhan pelatihan
·         Diagnostik
·         Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan
b)      Sintesa
·         Penarikan tenaga kerja
·         Strategi penentuan harga
·         Strategi pengembangan produk
c)      Integrasi
·         Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek
            Salah satu bagian dari Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan meberikan beberapa faktor yang berhubungan dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini meningkatkan kepercayaan para pemakai didalam memecahkan masalah menggunakan Sistem Pakar.
                 
                  Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologidan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web dibuat dengan dasar pemikiran sebagai berikut : farmakologi dan terapi merupakan suatu sistem yang besar dan komplek. Tugas farmakologi dan terapi adalah mencari dasar penggunaan obat secara rasional untuk tindakan medis yang tepat, cepat dan akurat pada saat diperlukan. Dasar penggunaan obat tersebut disesuaikan dengan diagnosis penyakit yang dilakukan secara cermat berdasarkan keluhan-keluhan yang
Dirasakan oleh pasien. Implementasi farmakologi dan terapi di lapangan secara konvensional dituangkan dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh dokter yang bersangkutan dan dilaksanakan oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap masalah farmakologi dan terapi. Kenyataannya dengan menggunakan buku panduan terdapat beberapa kelemahan diantaranya :
ü  Prosedur yang tertulis sangat baku sehingga memasung inovasi dan improvisasi operator.
ü  Perlu dilakukan revisi secara berkala menyesuaikan kondisi yang ada.
ü  Kurang komunikatif bagi para operator yang belum berpengalaman.
Kelemahan seperti ini menyebabkan tidak jarang para operator melaksanakan tugasnya hanya didasarkan pada pengetahuannya masing-masing, padahal tidak ada jaminan mereka memiliki kemampuan yang sama (Prakasa, 1996), khususnya dalam hal farmakologi dan terapi. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem pengolah informasi yang berkecerdasan untuk membantu tugastugas dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit pada saat diperlukan untuk kemudian diambil keputusan penggunaan obat yang sesuai.
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web diharapkan dapat digunakan untuk mendukung terciptanya sistem informasi berkecerdasan berbasis komputer dalam bidang kesehatan yang mendudukkan paramedis non dokter dan mahasiswa kedokteran sebagai dokter pada saat diperlukan dan membantu tugas-tugas dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.
Secara garis besar sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi dibuat dengan tuntutan untuk melakukan tugas sebagai berikut : (1). Mengambil datadata hasil pemeriksaan kondisi pasien, (2). Memasukan dan membandingkan data-data tersebut ke dalam kaidahkaidah yang telah dituliskan dalam basis pengetahuan, (3). Mendeskripsikan kondisi pasien berdasarkan kesimpulan yang didapat dari hasil membandingkan seperti yang telah dilakukan pada tugas (2). Deskripsi kondisi pasien sebagai output sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi memuat kondisi umum pasien, diagnosis penyakit dan terapi-terapi yang dapat dilakukan, baik dengan obat, herbal maupun suplemen.
            Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web merupakan suatu program yang terdiri dari dua jenis program. Kedua jenis program tersebut adalah program konvensional dan program sistem pakar. Program konvensional digunakan untuk proses iterasi dan untuk mengolah basis data, sedangkan program sistem pakar digunakan dalam proses inferensial dan untuk mengolah basis pengetahuan.
                Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologis
Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang psikologi, yaitu untuk sistem pakar menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Anak-anak merupakan fase yang paling rentan dan sangat perlu diperhatikan satu demi satu tahapan perkembangannya. Contoh satu bentuk gangguan perkembangan adalah conduct disorder. Conduct disorder adalah satu kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah walaupun sudah berbuat kesalahan. Dampaknya akan sangat buruk bagi perkembangan sosial anak tersebut. Oleh karena itu dibangun suatu sistem pakar yang dapat membantu para pakar/psikolog anak untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF).
Contoh lain implementasinya adalah tes kepribadian. aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini, lebih mudah dan lebih cepat dalam proses pengukuran kepribadian dibandingkan metode terdahulu, sehingga memberikan banyak keuntungan dari segi penghematan waktu, tenaga, dan memudahkan kinerja user (pemakai) dalam mengukur kepribadiannya masing-masing. Selain itu aplikasi tes kepribadian ini dikemas dengan tampilan yang cukup menarik.
Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ukuran kepribadiannya, mereka dapat menggunakan aplikasi ini sebagai referensi, dan bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa psikologi, aplikasi ini dapat dijadikan tambahan untuk mendukung studi mereka terutama untuk sub bidang pengukuran kepribadian.
Namun demikian, aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini tidak bisa menggantikan seorang ahli karena dia pakar di bidangnya. Aplikasi sistem pakar ini hanyalah alat bantu yang sangat bergantung pada data-data yang di-input oleh seorang programmer sehingga aplikasi sistem pakar ini haruslah selalu dikembangkan.
Tools yang disediakan oleh Visual Basic.NET 2008 sudah sangat mengakomodir dalam proses pembuatan aplikasi ini. Selain itu, Visual Basic.NET 2008 dapat dengan baik melakukan koneksi database ke sql server.
Sumber :

Friday, October 12, 2012

Proposal Umum (Kelompok 6)


Nama Kelompok :  

                                         

Wahyu Hargi Atmanto                 (18110425)

Calistino Maria cedi Haryo P        (11110507)

Unggul A R                                (18110331)


Kelas                                 :  3KA07
Jurusan                              :  Sistem Informasi
Fakultas                             :  Ilmu Komputer
Dosen                                : Sangsang Sangabakti
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2012


Pengertian Proposal
I.Definisi Proposal

Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu
kegiatan yang bersifat formal. Proposal adalah suatu usulan kegiatan perlu dukungan atau persetujuan pihak lain. Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Untuk memudahkan pengertian proposal yang dimaksud dalam tulisan ini, kita dapat membandingkannya dengan istilah “Proposal Penelitian” dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi). Dalam dunia ilmiah, proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk “Proposal Penelitian” ini, biasanya memiliki suatu bentuk, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll.

Proposal yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah “Proposal Umum” yang sering
digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini memiliki banyak kemiripan dengan model “Proposal Penelitian” yang digunakan dalam dunia ilmiah, namun karena sifatnya yang lebih umum maka “Proposal Umum” biasanya lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak terlalu kaku dalam aturan penulisan. Namun, walaupun lebih “bebas”, penulisan “Proposal Umum” tetap harus mengindahkan kaidah¬kaidah dan sistematika tertentu, agar dapat dengan mudah dimengerti oleh orang¬orang yang membaca proposal tersebut. Secara mendasar, harus di garis bawahi bahwa penulisan proposal hanya salah satu dari sekian banyak tahap perencanaan, seperti yang telah diuraikan sebelumnya dalam buku ini. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap-tahap sebelumnya.

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.
Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis :
1Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.

Hal-hal yang perlu dimuat dalam proposal antara lain :
1. nama proposal
2. pendahuluan
3. tujuan
4. bentuk/jenis kegiatan
5. pelaksanaan
6. panitia pelaksana (terlampir)
7. biaya/dana (rincian terlampir)
8. harapan
9. lampiran


Manfaat Proposal :
Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan
tersebut.
Untuk meyakinkan para donatur/ sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.

II. Ciri-Ciri Proposal :
Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan.
Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan.
Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara.
Pastinya proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah di jilid yangnantinya diserahkan kepada si empunya acara.
dan lain-lain yang sulit untuk dijelaskan (dicari).

Tujuan membuat proposal
Dapat diartikan proposal merupakan suatu penjabaran peneltian, tujuan dari pembuatan proposal biasanya untuk mejabarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat dikatakan juga proposal merupakan suatu dokumentasi hasil penelitian.

Jenis - Jenis Proposal

Proposal Penelitian dibagi 4 yaitu :
1. Proposal Penelitian Pengembangan
Kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual. Dalam hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah. Skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda. Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mencari jawaban terhadap suatu permasalahan, sedangkan kegiatan pengembangan berupaya menerapkan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan.
2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
Telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada
dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan atau untuk keperluan baru. Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan, atau sebagai dasar pemecahan masalah.
3. Proposal Penelitian Kualitatif
Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.
4. Proposal Penelitian Kuantitatif
Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.
Contoh Proposal Umum:


A. DASAR PEMIKIRAN  
          Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas dari perhatian Kita semua , oleh karena itu perlu adanya strategi yang tepat untuk melaksanakannya . salah satu program yang akan dilaksanakan oleh Osis Sma negeri 1 bulukumba berkenan dalam hal ini yakni pekan olahraga dan seni ( PORSENI ) .
         
Secara umum manfaat pendidikan pekan Olahraga dan seni bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif .
         
Sehingga kami sadar bahwa pekan olaharaga dan seni ( PORSENI)
Juga perlu dilaksanakan demi meningkatkan potensi akademik maupun non akademik bagi Pelajar itu sendiri
.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
          Pelaksanaan kegiatan pendidikan pekan olahraga dan seni , 
( PORSENI ) dimaksudkan untuk mencetak dan menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap kemampuan dan keterampilannya .

C. KEGIATAN DAN TEMA KEGIATAN
          Dalam kegiatan ini , merupakan kegiatan olahraga dan seni yang diselenggarakan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan pada cabang olahraga dan seni dengan tema “ Kembangkan kreativitas , semangat Olahraga dan Solidaritas  “


D. SASARAN DAN TARGET KEGIATAN
          Sasaran pada kegiatan ini yaitu pada Siswa atau siswi Sma negeri 1 Bulukumba . adapun target kegiatan ini yaitu diharapkan agar setelah kagiatan ini berlangsung para siswa dan siswi dapat terus mengembangkan kreativitasnya dan semangat juang serta rasa solidaritas yang tinggi .

E. WAKTU , TEMPAT JADWAL
     Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 21 Desember sampai dengan 27  
     Desember 2010 bertempat di Sma Neg. 1 Bulukumba .

F. JADWAL PELAKSANAA ( PROGRAM )
a.       Lomba Melukis dan Basket , dilaksanakan pada tanggal 21 desember di ruangan kelas XII.Ipa1 dan lapangan basket .pada pukul 09.00 – 12.00 
b.      Lomba Bernyanyi dan bola Volli , dilaksanakan pada tanggal 22 desember di Aula dan lapangan olahraga 09.00 – 12.00 dan pada pukul 15.15 – 16.30 ( Sore ) 
c.       Lomba Menari dan catur , dilaksanakan pada tanggal 23 desember di Aula dan ruangan kelas XII Ips 1 . pada pukul 09.00-12.00 dan pada pukul 15.15 – 16.30 ( sore)
d.      Lomba Atletik , Lari marathon dilaksanakan pada tanggal 24 Desember di lapangan olahraga . pada pukul 08.00 – 11.00 dan lari estafet 14.15 – 16.30
e.       Basket dan bola volli , dilaksanakan pada tanggal 25 Desember dilapangan olahraga . pada pukul 09.00 – 12.00 dan 14.15 – 16.30
f.       Catur dan Bola volli , dilaksanakan pada tanggal 26 Desember diruangan kelas XII Ips.1 dan Lapangan Olahraga . pada pukul 09.00 – 12.00
g.      Basket dan lari Estafet  , dilaksanakan pada tanggal 27 Desember di Lapangan olahraga . pada pukul 09.00 – 12.00

G. PESERTA KEGIATAN
          Peserta kegiatan dalam pelaksanaan Pekan Olah raga dan seni
( PORSENI ) hanya diperuntukkan bagi Siswa dan Siswi Sma Negeri
1 Bulukumba . 
         
a.) Rencana Pengeluaran
     ~ Rincian dana Hadiah
        Lomba melukis,  Menyanyi , Menari , lari Marathon , catur dan
       Tennis meja 
        Juara 1 @ Rp. 60.000
        Juara 2 @ Rp. 50.000
        Juara 3 @ Rp. 45.000
Maka total keseluruhan hadiah juara 1,2dan3dari ke enam  lomba
( Melukis , menyanyi , menari , catur , Lari marathon dan tennis   ) tersebut yaitu Rp. 930.000
Lomba Volly 
          Juara 1 @ Rp. 80.000
          Juara 2 @ Rp. 70.000
          Juara 3 @ Rp. 60.000
Total hadiah dari lomba volli yaitu Rp. 180.000 
          Lomba Bola Basket dan lari estafet
          Juara 1 @ Rp. 70.000
          Juara 2 @ Rp. 60.000
          Juara 3 @ Rp. 50.000
Maka total hadiah dari juara 1,2dan 3 dari ketiga cabang olahraga ( Bola basket dan lari estafet ) tersebut yaitu Rp. 360.000
          ~ Rincian Dana alat – alat perlengkapan
          Spanduk                         = Rp. 150.000
Bola Volli dan peluit        = Rp. 32.000
          Bola Basket dan peluit    = Rp. 37.000
          Papan catur                    = Rp. 50.000
          2 macam net                   = Rp. 100.000
Sound system                  = Rp. 250.000
= Rp. 619.000
          ~ Rincian dana Komsumsi
          Air minum sebanyak 30  dos     = Rp.450.000
          Snack ( kue )                            = Rp. 500.000 
         = Rp. 950.000
Jumlah keseluruhan dari anggaran pengeluaran Porseni yaitu =
Rp.3.039.000 ,-

b.) Rencana Pemasukan
     Dana Osis                                                                  = Rp. 500.000
     Telokomsel cabang Bulukumba                                   = Rp. 1.000.000
     Dinas Pendidikan dan Olah raga Kab. Bulukumba      = Rp. 1.250.000
     total                                                                           = Rp. 2.750.000

c.) Rekapitulasi Anggaran  
     a. Rencana Pengeluaran                                             = Rp. 3.039.000
     b. Rencana Pemasukan                                              = Rp. 2.750.000
     c. Saldo                                                                      = Rp. 0

I. PANITIA
          Pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan seni ( PORSENI ) ini diserahkan kepada pengurus osis serta organisasi yang dinaungi oleh Osis ( PMR , PRAMUKA dan E-CLUB  )  dengan susunan panitia sebagai berikut :
Pembina  Osis                 :  Darwis , S.Sos
Ketua panitia                  :  Abu Saad S   
Sekertaris                       :  A. Tenri Khaerunnisa
Bendahara                      :  Rita Rianti Mansur
Seksi – Seksi Acara :
1.Koordinator umum :    
   A. Sri Novita 
   Aulia M
   Deby R  
   Albar
   A. Rizki
   A. Bau
          2. Lomba Melukis :
              A. NIdhiya
              Risma
          3. Lomba Menyanyi
              Ilham A.
              Ratih H.
              Nasrul H
          4. Lomba Menari  
              Rizky Awalyah
              Hasriani Immaniar
          5. Lomba Volli
              Munandar H
              Juardi Y
              Husna latifa
              Wahyu A. 
          6. Lomba bola basket
              Muh Kaddafi
              Sultan Dharma P
          7. Lomba Catur
              Abu Saad
              Munandar Hidayat

          8. Lomba tennis Meja
              Sudarmanto
              Rita R.
          10. Lomba atletik ( lari marathon dan estafet )
              Juardi Y
              A. Nidya
          .10. Perlengkapan ( alat – alat yang digunakan )
              A. Fauzan
              Jusriandi
              Zulhidayat
11. Konsumsi
              Esi Utari
              Sriwahyuni B

J. PENUTUP
          Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud , sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam kegiataan ini . atas perhatian dan bantuannya kami hanturkan Terima Kasih .

ciamis , 11 desember 2011


         
Ketua                                                                    Sekertaris


Galang Alexander                                                            Dodi heryanto



Mengetahui  Pembina Osis
Smk T Yapidatek

Sumber: